Thursday, October 16, 2008

kita lebih hebat kok dari mereka


Barusan aku baca note dari saudara Delianur Hesba. saya jadi teringat pengalaman saya sendiri tentang bahasa kita bahasa Indonesia tercinta dan beraneka ragamnya bahasa di bumi kita tercinta ini.

suatu hari aku lagi diskusi dengan 3 org bule di kampus Iowa State University. usut punya usut, ternyata bapak Roger Elmore, salah satu peneliti di universitas ini, pernah pergi ke Malaysia dan Indonesia. waktu di Indonesia katanya dia sempat jalan ke Borneo/Kalimantan, Jawa dan Bali. katanya bahasa Melayu yang sempat dia pelajari sudah hilang ditelan waktu.

ngobrol dikit, dia nanya bagaimana aku bisa berinteraksi dengan petani tempat aku menyuluh. kubilang aja kalo salah satu hal terpenting yaitu kita harus mengerti bahasa mereka dan bagaimana menggunakannya. maksute bagemana kita mampu bercakap-cakap dengan mereka menggunakna bahasa mereka. karna itu salah satu cara supaya kita lebih dekat dengan mereka dan mereka cepat menerima kehadiran kita...

akhirnya dia nanya,, emang brapa sih bahasa yang ada di Indonesia??? kubilang aja banyak bgt, ga bisa keitung. di tempatku aja (aku kan orang Makassar nih) di sulawesi selatan secara garis besar ada 4 bahasa yang berlaku. itu baru satu propinsi. padahal pulau sulawesi terdiri dari 5 propinsi. hitung aja berapa jumlah pulau yang ada di Indonesia ini dikaliin bahasa masing2 t4 tersebut??? mereka langsung terpaku dan ternganga...slama beberapa detik ga ada yg bersuara. mungkin ngitung, brapa yah kira2 jumlah bahasa yang ada di Indonesia?? soalnya sebelumnya aku udah ngomong kalo Indonesia tuh terdiri dari ribuan pulau....

trus dia nanya aku, berapa bahasa yang aku kuasai?? bukannya mo menyombongkan diri, tapi aku bisa 5 bahasa...Indonesia, Inggris, Arab, Jawa dan Selayar. kubilangin, kalo kita sudah biasa menguasai beberapa bahasa karna tiap daerah punya bahasa tersendiri. mereka pada manggut dan salut dengan bangsa kita yang punya beragam budaya dan bahasa ini..

jadi kawan...janganlah merasa kecil dibanding mereka. masih banyak kelebihan yang kita miliki dibandng dengan mereka. mudah2an salah satunya ini bisa menjadi pelecut buat kita untuk bangga dengan bangsa kita sendiri. Hidup indonesia...Merdeka!!! ^^*

No comments: